Salah satu jenis buah yang dapat tumbuh sepanjang tahun ialah kurma. Namun kegiatan memanen kurma lebih baik jika dilakukan di musim dingin. Halini dikarenakan pada musim dingin kurma berada dalam kondisi yang paling segar. Kurma memiliki banyak manfaat bagi tubuh, dimana manfaat kurma berasal dari kandungan yang ada di dalamnya.

Secara umum, buah yang dikategorikan sebagai buah nabi ini mengandung nutrisi yang sangat luar biasa yang tentunya bermanfaat bagi kesehatan. Secara umum, buah ini mengandung karbohidrat (yang dirubah menjadi sukrosa dan fruktosa). Kandungan karbohidrat tersebut mendominasi hingga 70%. Namun perlu diketahui juga, bahwa kurma mengandung zat lainnya. Berikut kandungan kurma dalam setiap butirnya beserta fungsinya

Mengandung 7 gram Serat

Serat sangat diperlukan tubuh untuk proses pencernaan. Serat yang tinggi pada kurma dapat membuat sistem pencernaan menjadi lancar. Apabila sistem pencernaan lancar, maka tubuh akan terhindar dari sembelit.

Mengandung 2 Gram Protein

Seperti yang pada umumnya diketahui banyak orang, protein berguna untuk pertumbuhan, regenerasi sel, menjaga kesehatan kulit, rambut, dan juga kuku.

Mengandung 20% Kalium

Kandungan kalium dalam kurma berfungsi untuk menjaga kesehatan jantung, menjaga fungsi saraf, Menjaga kekuatan tulang, dan juga menjaga kram otot.

Mengandung 14% Magnesium

Kurma mengandung magnesium yang cukup tinggi. Magnesium ini berfungsi untuk memabantu pembentukan tulang, menyehatkan jantung, mengurangi migrain, mengontrol tekanan darah, serta menyetabilkan kadar diabetes atau gula darah.

Mengandung 5% Zat Besi

Kandungan zat besi yang ada pada kurma sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama pada ibu hamil. Zat besi ini juga dapat meringankan anemia, meningkatkan kekuatan otot, mengurangi lelah, dan membuat tidur lebih nyenyak.

Mengandung 12% Vitamin B6

Jangan salah ya, meski buah kurma ini terasa manis, buah ini juga mengandung vitamin B6 yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin ini dapat menyeimbangkan sistem metabolisme tubuh sehingga tubuh akan terasa sehat dan bugar setiap harinya.

Penutup

Tidak hanya 6 kandungan diatas, kurma juga mengandung kalsium, vitamin K, Volat, serta antioksidan yang mampu menangkal tubuh dari radikal bebas. Nutrisi lengkap di atas didapatkan dari kurma berdasarkan tingkat kematangan yang pas. Sudah dapat dipastikan, kurma yang paling baik dikonsumsi yaitu kurma yang paling segar pada usia siap panen.