Bunda perlu tahu, bahwa meningkatkan kecerdasan otak Si Kecil dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Selain memberikan asupan nutrisi yang cukup dengan makanan bergizi dan susu untuk kecerdasan otak anak, Bunda bisa melakukan rutinitas sederhana ini bersama Si Kecil.

Aktivitas sederhana yang bisa dilakukan Bunda untuk meningkatkan kecerdasan Si Kecil

Jangan pernah lupakan sarapan

Untuk memulai hari, kita perlu memulai aktivitas sehat di pagi hari. Agar hari dapat terlalui dengan sukses, Bunda tidak boleh melewatkan sarapan untuk Si Kecil. hal ini perlu dilakukan agar Si Kecil dapat berkonsentrasi penuh untuk melakukan suatu kegiatan pada hari itu.

Bunda dapat memulainya dari memastikan Si Kecil tidak bangun kesiangan agar tidak melewatkan sarapannya. Menurut Karen Kafer, perwakilan dari National Dairy Council, “Anak-anak yang tidak pernah melewatkan sarapan memiliki tingkat perhatian dan daya ingat yang baik”.

Adapun sarapan yang disarankan yaitu menyertakan sereal gandum dengan kurang dari 5 gram gula, susu murni, telur rebus, yoghurt dengan buah. Pastikan kebutuhan sayur, buah, dan airnya tetap terpenuhi, ya.

Membacakan dongeng

Bunda, salah satu rutinitas yang dapat dilakukan bersama Si Kecil yaitu membaca. Beberapa buku cerita yang bisa Bunda pilih yaitu cerita rakyat atau legenda. Jenis cerita tersebut dipercaya dapat membantu Si Kecil untuk mengimpuls imajinasi dan daya pikirnya.

Selain itu, rutinitas membaca dongeng juga dapat membantu Si Kecil membangun kecerdasan emosionalnya dengan orangtua. Membaca juga dapat memberi banyak pengetahuan baru bagi Si Kecil. Terlebih lagi, membaca dapat memperkaya kemampuan berbahasa dan minat membacanya saat dewasa nanti.

Bermain alat musik

Bunda bisa mengenalkan alat musik sejak dini pada Si Kecil. di mulai dari yang sederhana saja, misalnya pianika dan gitar mini. Minat Si Kecil dapat meningkat seiring dengan bertambahnya pengetahuannya mengenai musik.

Namun, ketika Si Kecil mulai menunjukkan ketidak minatannya pada alat musik, jangan pernah paksakan minat Si Kecil ya, Bund. Bunda tetap bisa mengajarkannya untuk menjadi pendengar atau penikmat musik.

Hal ini disebabkan karena musik dapat membantu meningkatkan memori otak, kemampuan analisis, kreativitas bahasa, matematika, kemampuan motorik, dan lain-lain. Rutin mendengarkan musik juga dapat meningkatkan kinerja otak serta mempertajam kemampuan pendengarannya.

Olahraga

Rajin berolahraga dapat membuat otak lebih fokus dalam melakukan berbagai hal. Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan daya ingat dan membuat otak lebih bahagia. Sehingga, Si Kecil mampu terhindar dari stress. Untuk itu, penting sekali untuk membiasakan Si Kecil menyukai aktivitas fisik.

Anak yang rajin berolahraga akan cenderung memiliki tingkat kebugaran dan kesehatan tubuh yang baik. Dengan begitu, kemampuan dalam berpikir anak dapat berkembang dengan optimal.

Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru ternyata tidak hanya bermanfaat untuk berkomunikasi, melainkan dapat meningkatkan kecerdasan Si Kecil.

Mempelajari lebih dari satu bahasa bisa meningkatkan kemampuan otak dalam hal analisa dan menyelesaikan suatu masalah. Selain itu, mempelajari lebih dari dua bahasa juga dapat meningkatkan daya ingat Si Kecil.

Tidur tepat waktu

Jam tidur yang cukup sangat berperan penting terhadap kinerja otak Si Kecil. Tidur yang cukup dapat mendukung aktivitas dan membuat tubuh Si Kecil menjadi lebih sehat. Hal ini ternyata berhubungan dengan tingkat kecerdasan dan kemampuan otak Si Kecil.

Menjaga kesehatan Si Kecil sangat diperlukan untuk meningkatkan kinerja otak dan kecerdasan Si Kecil. Itulah beberapa aktivitas yang bisa Bunda lakukan bersama Si Kecil.

Metades:

Selain memberikan asupan nutrisi yang cukup dengan makanan bergizi dan susu untuk kecerdasan otak anak, Bunda bisa melakukan rutinitas sederhana ini bersama Si Kecil.