Menggunakan sumber energi tak terbarukan membuat listrik konvensional atau listrik PLN beberapa kali mengalami kenaikan, terutama untuk pengguna non subsidi. Melihat kondisi ini, tentu diperlukan adanya alternatif seperti panel surya yang mampu menghasilkan listrik dengan energi utama dari matahari. Lantas, bagaimana cara kerja panel surya ini sebenarnya ?

 

Apa Itu Panel Surya ?

Sebelum mengulik lebih jauh bagaimana cara kerja dari panel surya, sebaiknya anda mengenal apa yang dimaksud dengan panel surya ini. Karena meski sudah mulai banyak yang menggunakannya, namun tingkat penggunaan pembangkit listrik satu ini terbilang masih cukup rendah di Indonesia bila dibandingkan dengan negara lain.

Panel tersebut tersebut adalah kumpulan dari sel surya yang telah ditata sedemikian rupa untuk secara efektif menyerap energi sinar matahari. Sel surya sendiri adalah perangkat elektronik yang dapat menangkap energi sinar matahari, lalu mengubahnya menjadi energi listrik. Sel surya digabung menjadi unit modul surya, kemudian digabungkan lagi hingga menjadi panel surya.

Karena sel surya lazimnya hanya mempunyai ukuran sebesar telapak tangan orang dewasa saja, dengan warna hitam kebiruan dan berbentuk segi delapan. Jadi kumpulan dari sel surya ini akan membentuk lembaran berwarna biru atau kehitaman yang disebut sebagai panel surya, dan biasa ditempatkan di atas atap atau pada area tertentu yang dapat menerima paparan sinar matahari.

 

Mengenal Cara Kerja dari Panel Surya

Cara kerja panel surya yaitu dengan membuat partikel cahaya dari sinar matahari menjatuhkan elektron bebas pada panel, baru kemudian menghasilkan listrik. Dimana sel fotovoltaik (sel surya juga disebut sel fotovoltaik karena memanfaatkan sinar matahari), perlu membentuk medan listrik terlebih dahulu untuk menerima partikel cahaya tersebut.

Medan listrik pada panel surya terjadi ketika muatan berlawanan dipisahkan, serupa dengan medan magnet yang tercipta karena kutub berlawanan. Untuk mendapatkan bidang magnet tersebut, solar panel biasanya dibuat dengan silikon berbahan lain agar dapat memberikan muatan listrik positif atau negatif pada setiap lapisan sel fotovoltaik.

Hal tersebut membuat sinar matahari yang diterima atau diserap oleh sel fotovoltaik selanjutnya bisa diubah menjadi daya listrik yang bisa digunakan. Dengan adanya komponen baterai yang juga menjadi bagian dari perangkat panel surya, energi listrik yang dihasilkan dapat disimpan terlebih dahulu baru kemudian ditransfer ke dalam rumah ketika dibutuhkan.

Jadi, sebenarnya cara kerja panel surya ini sangat sederhana. Meski bila dilihat sepintas lalu, mungkin akan terasa rumit bagi sebagian orang. Intinya dengan perangkat elektronik sel surya, solar panel dapat menangkap energi sinar matahari dan mengubahnya menjadi energi listrik yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari.

Melihat bahwa sumber energinya bisa didapatkan secara alami dan gratis, yaitu sinar matahari, maka penggunaan solar panel tentunya akan memberi anda banyak manfaat. Terutama dalam hal biaya, karena dana yang digunakan untuk listrik konvensional dapat diminimalisir. Untuk mendapatkan berbagai manfaat solar panel terbaik, produk dari SUNEnergy bisa menjadi pilihan.