Melakukan check up secara rutin terkait dengan kandungan adalah hal yang wajib untuk dilakukan oleh para ibu hamil. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa janin dalam kondisi sehat sekaligus mengetahui kesehatan anda sendiri. Lalu kapan waktu yang tepat untuk berkunjung ke dokter Obgyn Jakarta ? Simak ulasan selengkapnya berikut.

Lakukan pada Awal Kehamilan

Pada awal kehamilan, anda harus sudah mulai rutin melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter Obgyn. Pasalnya dengan melakukan USG pada awal kehamilan ini, anda bisa mengetahui berapa usia kehamilan serta posisi janin yang ada di dalam kandungan. Umumnya waktu yang tepat untuk melakukan USG adalah 8 hingga 12 minggu awal kehamilan.

Sementara untuk pemeriksaan rutinnya sendiri biasanya disarankan selama sebulan sekali apabila anda tidak memiliki keluhan apapun. Namun jika mengalami keluhan selama kehamilan, maka waktu konsultasi bisa lebih sering dari itu. Mengingat bahwa kondisi awal kehamilan ini sangat penting untuk menentukan janin bisa terus bertahan atau tidak.

Memasuki Trimester Baru

Dokter Obgyn Jakarta sebaiknya terus anda kunjungi untuk melakukan pengecekan pada masa masa kehamilan, terutama saat memasuki trimester baru. Trimester secara teknis diartikan sebagai periode 3 bulan pada kehamilan. Jadi setiap memasuki trimester baru tersebut, anda sebaiknya tidak boleh luput untuk melakukan pengecekan.

Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk mencegah berbagai masalah pada kehamilan, agar nantinya dapat diketahui dan diselesaikan lebih awal. Dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, anda juga dapat mendapatkan saran asupan nutrisi dan gizi apa saja yang baik untuk pertumbuhan serta perkembangan janin.

Menjelang Proses Kelahiran

Umumnya, semakin dekat dengan hari persalinan maka dokter akan meminta anda untuk melakukan pemeriksaan lebih rutin. Bahkan biasanya bumil akan dianjurkan untuk mengecek kandungannya sebanyak seminggu sekali pada saat satu bulan menjelang persalinan. Ini dilakukan sebagai bentuk persiapan agar persalinan nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Pemeriksaan yang dilakukan meliputi mulut rahim ibu, kondisi dan posisi janin, pemeriksaan rongga panggul, hingga perkiraan berat bayi ketika dilahirkan. Mungkin pemeriksaan kondisi kesehatan lainnya juga dilakukan bagi anda yang memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, anemia, dan asma.

Apakah ke Dokter Obgyn Hanya Saat Hamil ?

Pertanyaan mengenai apakah wanita harus ke dokter Obgyn Jakarta atau lainnya hanya saat hamil saja kerap kali dibingungkan oleh masyarakat. Nyatanya menjaga kesehatan reproduksi wajib dilakukan sejak dini, bahkan sebelum anda merencanakan kehamilan maupun sebelum menikah.

Sejak usia 13 atau 15 tahun setelah mengalami menstruasi pertama, putri anda sebaiknya juga diajak untuk melakukan pemeriksaan rutin organ reproduksinya. Ini dilakukan untuk mengetahui sejak dini apakah terdapat masalah atau tidak pada organ tersebut. Sehingga penanganan awal dapat dilakukan sebelum menjadi masalah yang semakin besar.

Dari ulasan di atas sudah terjawab bagaimana pentingnya melakukan pemeriksaan rutin ke dokter Obgyn. Untuk mendapatkan pemeriksaan dengan pelayanan maksimal, anda bisa datang ke klinik OMDC. Klinik OMDC memiliki beberapa dokter spesialis yang profesional dan berpengalaman, sehingga anda tidak perlu khawatir.