Masa kehamilan adalah masa yang dinanti-nanti oleh setiap pasangan yang baru atau sudah lama menikah. Untuk menjaga kesehatan janin dan ibu hamil, tanya dokter kandungan bisa menjadi solusi yang paling tepat.

Ingin tahu kenapa konsultasi dokter kandungan sangat penting di masa kehamilan? Simak artikel ini hingga selesai untuk menambah wawasan tentang dunia kesehatan ibu dan anak.

Kenapa Harus Bertanya ke Dokter Kandungan?

Konsultasi ke dokter kandungan merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, hal tersebut memiliki tujuan untuk memantau kondisi dan juga memantau janin yang ada di dalam kandungan.

Selain itu, konsultasi ke dokter kandungan juga bertujuan untuk mengetahui perkembangan janin di dalam kandungan. Bahkan dengan berkonsultasi, ibu hamil juga mampu menurunkan risiko komplikasi yang bisa saja terjadi pada kandungan maupun ibu yang sedang mengandung.

Dokter yang memeriksa kondisi kehamilan juga akan mendeteksi kemungkinan adanya kelainan maupun gangguan pada janin. Dengan begitu, ibu hamil bisa mengetahui kemungkinan adanya gangguan sejak dini dan segera mendapatkan penanganan yang tepat.

Jika ibu hamil rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan, juga dapat membantu melancarkan proses persalinan. Selain itu juga mampu mengurangi risiko yang membahayakan ibu yang mengandung dan juga janin di dalam kandungan.

Dokter Khusus Untuk Pemeriksaan Kehamilan

Periksakanlah kandungan hanya kepada dokter ahli di bidang terkait. Tujuannya agar pemeriksaan dilakukan oleh orang yang tepat. Selain itu, pemeriksaan yang dilakukan oleh orang yang kompeten juga dapat membantu mengoptimalkan pemeriksaan kandungan.

Umumnya dokter yang menangani pemeriksaan kehamilan secara khusus disebut dokter spesialis obstetri dan ginekologi dengan gelar Sp.OG. Dokter tersebut juga dikenal dengan sebutan dokter kandungan.

Kapan Harus Konsultasi Kehamilan?

Konsultasi kehamilan sangat dianjurkan. Maka dari itu, buatlah jadwal konsultasi sesuai dengan usia kandungan. Berikut jadwal yang tepat untuk memeriksakan kehamilan:

  • Usia kandungan 4 hingga 28 minggu: 1 x 1 bulan.
  • Usia kandungan 28 hingga 36 minggu: 2 x 1 bulan.
  • Usia kandungan 36 minggu hingga masa persalinan: 4 x 1 bulan atau setiap minggu.

Selain itu, juga ada beberapa kondisi khusus di mana ibu hamil wajib meningkatkan intensitas pemeriksaan. Adapun kondisi-kondisi khusus yang kami maksud adalah sebagai berikut.

  • Ibu hamil berusia 35 tahun ke atas yang dianggap rentan terhadap komplikasi penyakit tertentu pada masa kehamilan. Contohnya seperti penyakit tekanan darah tinggi.
  • Ibu hamil yang terdeteksi sedang hamil anak kembar.
  • Memiliki riwayat lahir prematur atau munculnya tanda lahir prematur pada masa kehamilan.

Cara Menjaga Kesehatan Pada Masa Kehamilan

Selain pemeriksaan ke dokter kandungan, ibu hamil juga wajib menjaga kesehatan pada masa kehamilan. Berikut beberapa cara untuk menjaganya:

  • Tidak merokok.
  • Tidak mengonsumsi minuman beralkohol.
  • Rutin mengkonsumsi vitamin asam folat setiap hari.
  • Mengonsumsi banyak cairan.
  • Istirahat yang cukup.
  • Rutin berolahraga yang disarankan untuk ibu hamil.
  • Mengonsumsi makanan-makanan bergizi mulai dari buah-buahan, sayuran, makanan yang kaya akan kalsium, dan gandum utuh.
  • Tidak berendam di dalam bak mandi air panas atau sauna.
  • Rajin mencari informasi seputar kehamilan dan persalinan. Informasi bisa didapatkan melalui buku, video, dan media lainnya.

Kesimpulan

Konsultasi ibu hamil melalui dokter kandungan merupakan salah satu solusi untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan janin. Dengan begitu, kondisi kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan tetap terjaga hingga proses persalinan tiba.

Demikian informasi seputar pentingnya tanya dokter kandungan. Kini Anda juga bisa bertanya ke dokter kandungan secara online melalui website www.prenagen.com untuk bertanya seputar permasalahan kehamilan.